CIRI KHAS ANIME JEPANG

CIRI KHAS ANIME JEPANG BIKIN HERAN

Ciri Kahas Anime JepangJepang dikenal dengan negara manga atau anime. Segala anime yang dibuat oleh Jepang selalu punya gaya dan rasa yang khas yang membuat orang-orang tertarik untuk menonton ataupun mengikuti ceritanya. Tapi apa kalian sadar kalau anime Jepang punya beberapa karakteristik yang mungkin menurut mereka normal, tapi justru banyak bikin masyarakat non-Jepang suka bingung.

Berikut ini adalah ciri dari anime khas Jepang.

1. Tokoh utama selalu duduk deket jendela

Tokoh utama selalu duduk deket jendela

ampir semua anime berlatar tempat sekolah bakalan naro karakter utamanya di samping jendela, ato ngga paling belakang, mungkin justru dua-duanya. Banyak yang nanya apa pengen ngasih lihat pemandangan di luar? Walaupun sebenernya alasan di balik penempatan ini ngga lain biar kalo seluruh isi kelas disorot, karakter utama yang ada di paling ujung bakalan keliatan menonjol dan artistik.

2. Selalu ada pemandangan tiang listrik dan kabel telepon

Selalu ada pemandangan tiang listrik dan kabel telepon

Salah satu hal yang mengganggu pemandangan indah Jepang adalah terlalu banyaknya tiang listrik dan kabel telepon di mana-mana. Hal ini udah jadi sesuatu yang normal banget, tapi mungkin orang-orang barat masih agak bingung dengan jumlahnya yang emang agak berlebihan. Kalo kita sebagai orang Indonesia yang juga banyak liat hal kaya gitu di jalan sehari-hari mungkin udah biasa aja kali ya, hehe.

3. Langsung demam setelah keujanan

Langsung demam setelah keujanan

Walaupun ngga cuman di anime Jepang, tapi hal ini juga cukup banyak muncul di anime. Kalo ada karakter yang lari sambil ujan-ujanan, pasti besoknya langsung sakit. Emang betul kalo kita keujanan bakalan nurunin suhu tubuh dan tingkat imunitas jadi rentan keserang virus flu. Tapi banyak juga fans luar negeri yang justru ngira kalo orang Jepang mikirnya ujannya itu sendiri yang bikin sakit.

4. Ponsel model flip

Ponsel model flip

Ngga tau kenapa, masyarakat Jepang seneng banget sama handphone mode flip. Hal ini juga kebawa ke anime sampe hampir setiap handphone yang muncul juga merupakan model flip. Meskipun belakangan ini popularitasnya menurun dan berganti ke smartphone, namun nampaknya handphone flip belom bakalan ilang dari anime.

5. Banyak ramen tidak sushi

Banyak ramen tidak sushi

Walaupun sushi merupakan makanan yang paling dikenal dan identik dengan Jepang, tapi nampaknya masyarakat Jepang lebih seneng sama ramen yang lebih bersahabat sama isi dompet ya, hehe. Tapi bagi fans non-Jepang, hal ini diliat aneh kenapa karakter anime jarang banget makan makan Jepang sushi dan hampir selalu makan ramen.

6. Narik mata sambil julurin lidah

Narik mata sambil julurin lidah

Ekspresi yang dipake buat ngejek orang dengan cara yang kekanak-kanakan ini disebut "Akanbe". Penonton non-Jepang mungkin udah langsung tau maksud dari ekspresinya apa, tapi tetep aja mereka kadang bingung kenapa harus seperti itu dan ekspresinya sendiri ngga berlaku secara universal. Tapi beberapa orang Jepang ternyata kaget juga karena di negara-negara lain ngga pake ekspresi kaya gitu, haha.

7. Cewek keluarga kaya identik berambut pirang

Cewek keluarga kaya identik berambut pirang

Entah bagaimana, biasanya karakter-karakter cewe dari keluarga kaya yang punya pesona menarik di anime punya rambut blonde atau kuning. Di Jepang, orang yang terlahir secara natural dengan rambut kaya gitu jelas ngga ada, dan mungkin justru jadi poin yang menarik bagi fans non-Jepang.

8. Mimisan setelah liat cewek cantik

Mimisan setelah liat cewek cantik

Di anime manapun, selalu ada karakter cowo tertentu yang kalo liat cewe seksi langsung mimisan. Bahkan kadang mimisannya sampe deres banget, haha. Ini mungkin jadi hal paling nyleneh dari semua karakteristiknya. Hal ini mungkin aja berawal dari kepercayaan jaman dulu di Jepang kalo nafsu seksual bisa menyebabkan mimisan.

9. Penyamaran aneh pencuri yang pake kain di kepala

Penyamaran aneh pencuri yang pake kain di kepala

Misteri yang sudah banyak dipertanyakan banyak orang akhirnya terungkap! Kenapa pencuri di Jepang selalu pake kain di kepala, padahal ngga bisa nutupin muka buat jadi penyamaran juga gitu, hehe. Jawabannya adalah karena simpul yang diposisikan di depan hidungnya bisa ngebantu nyembunyiin suara nafas pencurinya! Jadi bisa lebih ngebantu menyelinap tanpa bersuara. Yak, misteri terpecahkan, hehe.

10. Coretan bergambar payung

Coretan bergambar payung

Pastinya di anime-anime sering liat donk yang kaya gini. Ini disebutnya "aiai-gasa" atau diartiin jadi berbagi payung. Ini biasanya digambar sama orang yang lagi jatuh cinta dimana di bawah payunya ditulis nama kita dan orang yg kita suka. Hohoho... Asal muasal gambar ini berasal dari kebiasaan jaman dulu di Jepang untuk pria yang pengen nunjukin sisi gentlemannya dengan berbagi payung sama wanita muda di waktu hujan. Sayangnya simbol ini tidak banyak diketahui masyarakat non-Jepang sehingga bikin maknanya tidak tersampaikan.

1 komentar: