Menganal Budaya Masyarakat Korea

Hampir sama dengan yang pernah saya tulis tempo dulu, kali ini lebih sedikit mengenal budaya budaya masyarakat orang Korea bukan hanya mengetahui segala budaya, kebiasaan, adat dan makanannya saja.
Baiklah langsung saja untuk mengenal budaya masyarakat Korea kita kilas balik dulu untuk mengenal Korea.

budaya orang korea

Korea, terutama Korea Selatan. Sekarang menjadi salah satu macan Asia, selain Jepang, Cina, dan Singapura. Korea yang sempat tergerus krisis ekonomi, negara yang miskin akan SDA justru bisa merajai produk-produk teknologi dan otomotif. Sebut saja Hyundai, Samsung, dan LG dan lain sebagainya.

1. Guru dan Dosen adalah profesi yang sangat dihormati dan dijunjung tinggi seumur hidup. Pendapatan guru/dosen juga tergolong tinggi disana. Hanya orang-orang yang terpilih yang bisa lolos jadi guru/dosen disana. Dan penghormatan terhadap guru itu adalah suatu kewajiban.

profesi yang dihormati

 2. Nasionalisme orang Korea yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Mereka bangga memakai produk buatan dalam negeri. (Berbeda dengan negara kita tercinta yaitu Indonesia yang lebih suka sama produk luar negri padahal orang luar negeri yang berada disana sangatlah mencintai produk kita).


jiwa nasionalisme

3. Bersendawa di depan umum bagi orang Korea itu hal yang biasa jadi jangan takut dianggap tidak sopan.
 

bersendawa


4. Angka keramat di Korea. Jika sebagian besar didunia angka yang paling tidak disukai adalah angka 13 tetapi tidak demikian dengan Korea Selatan mereka cenderung berbeda dari negara lainnya. Angka 4 dianggap angka sial dan melambangkan kematian. Ntah bagaimana kesimpulannya, dan sejarahnya. Sebagai contoh ada gamabar sebuah lif yang tidak mencantumkan angka 4 tetapi mereka malah mencantumkan huruf "F".

angka keramat

5. Prinsip orang Korea, Waktu adalah uang. Jadi tidak ada istilah malas-malasan. Budaya senggol menyenggol ketika mengantri atau berjalan kaki disana adalah hal yang biasa karena semua serba terburu waktu.

waktu adalah uang

6. Korea adalah investor kelima di Indonesia sedangkan Indonesia adalah negara ke 12 yang memegang peranan penting bagi Korea.

investor korea

7. Orang Korea awet muda. Orang Korea yang sudah tua/berumur masih terlihat muda,caantik padahal mereka telah berumur/sudah pada mempunyai buah hati. Kata mereka resepnya adalah berolahraga hiking dan rajin makan KIMCHI (Makanan khas Korea seperti asinan sayur).

orang korea awet muda




8.  Kesamaan Korea Selatan dan Korea Utara. Bangsa Korea baik Korea Selatan maupun Korea Utara itu terdiri satu suku dan satu bahasa dan satu bahasa.

kesamaan budaya korea utara dan selatan




9. Makan merupakan hal sangat penting sebagai sarana keakraban, negosiasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sapaan "Sudah Makan?" Merupakan sapaan yang SANGAT LAZIM seperti halnya menyapa selamat pagi,siang,sore dan malam.



kata yang lazim




10. Keunikan Korea yang lainnya menentukan umur seseorang dihitung mulai saat janin berada dalam kandungan. Jadi begitu bayi lahir umurnya sudah 1 tahun.


umur orang korea


0 komentar:

Posting Komentar